Catatan Perjalanan Najwa Shihab Menjadi Jurnalis Handal


Dari Bidang Hukum Sampai ke Jurnalis


Youtube.com - Pura-Pura Penjara - wawancara Setya Novanto, korupsi pengadaan e-ktp

Video Mata Najwa Pura-Pura Penjara jadi trending topic nomor 2 di Youtube. Sosok Najwa Shihab begitu apik mewawancarai tokoh-tokoh besar sampai sanggup membuat narasumber harus menjawab pertanyaannya yang benar. Mulai dari koruptor, tokoh inspiratif Tanah Air hingga luar negeri. Kira-kira bagaimana ya perjalanan hidup Mba Nana hingga jadi senior jurnalis hebat? Simak faktanya berikut ini.

Pengahrgaan Anti Korupsi jatuh kepada Najwa Shihab

1.       Memiliki keluarga yang religius
Masa kecil Najwa bersama keluarga yang taat ibadah. Najwa adalah putri dari mantan Menteri Agama RI, Quraish Shihab dan Fatmawati. Ia bersama saudaranya terbiasa maghrib berjamaah, baca al quran dan mengaji ia juga diajarkan sang ibu untuk berani bertanya dengan mengacungkan jari agar aktif belajar di kelas.
 
Masa SMA Najwa Shihab, Youthmannual.com
2.       Prestasinya muncul saat SMA
Mba Nana bersekolah di SMA Negeri 6 Jakarta dan terpilih ikut program AFS (pertukaran siswa ke Amerika) di Broadan Perth. Setelah itu dengan mudah ia meraih ranking satu yang biasanya ia hanya menjabat peringkat 10 besar. Pada akhir masa sekolahnya ia berhasil lolos PMDK, jalur bergengsi menuju PTN favorit. Nana masuk FHUI dan ia aktif berorganisasi.

3.       Tidak berencana berkarir di jurnalistik
Karena berkuliah di fakultas hukum, ia tidak memiliki ekspektasi untuk menjadi jurnalis. Saat magang, ia ditempatkan di divisi news kantor berita RCTI. Saat itu ia mewawancarai Kofi Annan (Sekjen PBB) yang sedang berkunjung ke Jakarta. Dari situlah ia jatuh cinta dengan media dan jurnalistik.

Youtube.com - Pura-Pura Penjara - wawancara Nazzarudin, kasus suap proyek Hambalang

4.       Karir Jurnalistiknya melesat naik
Ketika ia memulai karir di bidang jurnalistik, Mba Nana meraih banyak prestasi mulai dari penghargaan PWI Jaya atas liputan terbaiknya di Aceh saat tsunami 2004 silam. Pasalnya Najwa sukses menyadarkan pemerintah dan masyarakat akan terlambatnya bantuan, kondisi yang penuh keputus-asaan membalut masyarakat ujung Pulau Sumatera itu. Lalu ia didaulat Metro TV sebagai jurnalis terbaik, menjabat Wakil Pemimpin Redaksi, Duta Membaca RI, Duta Anti Koruptor dan masih banyak lagi hingga kini mendirikan channel Youtube mandiri.

Pantas saja ya sampai sekarang ia begitu handal mewawancarai beragam tokoh besar Indonesia maupun mancanegara. Beragam fakta unik adan menarik selalu berhasil dikoreknya. Salut!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hal Ini Wajib Kamu Ketahui untuk Tarik Hati Investor bagi Startup Pemula

Sukses Ambil Peluang di Industri Hiburan, Segudang Pencapaian E-motion Entertainment